2020 Targetkan 100 % penerapan E-PL UKPBJ Kab. Serang Terus Sosialisasikan e-Pengadaan Langsung

 

WhatsApp Image 2019-07-29 at 08.09.57Serang – Implementasikan Peraturan Presiden (Perpres) no. 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, Pemkab Serang melalui Bagian Layanan Pengadaan Setda (UKPBJ Kab. Serang) mengundang Puluhan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), para Pokja dan Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa (PPBJ) dan Penyedia yang ada di Kabupaten Serang untuk mengikuti Sosialiasasi dan Pelatihan e-Pengadaan langsung (e-PL) melalui aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) versi 4.3 yang diselenggarakan di Hotel Le-Dian Kota Serang (23/07/2019).

Acara tersebut langsung dibuka oleh Sekda Kabupaten Serang Tb. Entus Mahmud S. Dalam sambutannya Entus mengatakan bahwa pengadaan barang dan jasa pemerintah merupakan salah satu faktor sangat penting dan dibutuhkan di dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan. Kesuksesan pembangunan di Kabupaten Serang, salah satunya, dipengaruhi oleh efektifitas pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah dan kesuksesan tersebut sangatlah ditentukan oleh kualitas dan kuantitas sumber daya manusia sebagai pelaku pengadaan barang/jasa.

“e-pengadaan langsung ini adalah salah satu metode pengadaan langsung dengan nilai sampai 200 juta yang meggunakan sistem SPSE 4.3 dalam proses pengadaannya. Tahun depan kita akan terapkan sistem e-pengadaan langsung untuk keseluruhan paket pengadaan dengan nilai dibawah 200 juta, “ terangnya.

“Dengan e-pengadaan langsung ini, kita bisa mengontrol apa kegiatannya, siapa pemenangnya dan masyarakat semuanya bisa tahu. Dan ini sebagai bentuk semangat kita sebagai pemerintah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan tranparan dan berintegritas sehingga segala resiko diproses pengadaan barang dan jasa khususnya dipengadaan langsung dan swakelola dapat diminamilisir “, pungkasnya.

Acara tersebut  menghadirkan narasumber trainer LPSE Provinsi Banten Hamdi Susanto. Turut hadir juga Kepala UKPBJ Kabupaten Serang Okeu Oktaviana, Kasubag Pembinaan dan Advokasi pengadaan barang dan jasa Aang Khahar Muzakir.

Sementara itu Kepala UKPBJ Okeu Oktaviana dalam arahannya mengatakan, untuk tahun ini, metode e-Pengadaan Langsung mungkin belum bisa diterapkan 100 persen karena tahun ini harus disosialisasikan terlebih dahulu. “Sekarang masih masa transisi, jadi mulai optimal pada tahun 2020, namun Alhamdulillah di Kabupaten Serang terhitung sampai saat ini (23 Juli 2019-red) sudah lebih dari 120 paket pengadaan langsung yang menggunakan sistem e-pengadaan langsung, “ terangnya. ***

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>