UKPBJ Kab. Serang Adakan Sosialiasi JaFung PPBJ

WhatsApp Image 2019-05-03 at 13.42.49

Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (UKPBJ) Kabupaten Serang gelar sosialisasi untuk persiapan penyesuaian atau inpassing jabatan fungsional pengelola pengadaan barang dan jasa (PBJ) pada hari Kamis, 2 Mei 2019 di Aula Rapat Saparudin Setda Kab. Serang.  Sosialisasi tersebut diikuti oleh seluruh anggota pokja pemilihan UKPBJ Kab. Serang serta beberapa pejabat pengadaan dan PPK dari beberapa OPD. Hadir sebagai narasumber yakni Muhammad Firdaus, Kepala Sub Direktorat Sistem dan Sarana Sertifikasi LKPP.

Kepala UKPBJ Kabupaten Serang Okeu Oktaviana mengatakan bahwa untuk melaksanakan pengadaan barang dan jasa memerlukan seorang yang berkompeten secara profesional di bidang pengadaan barang dan jasa. Maka sosialisasi ini bertujuan agar seluruh prosedur, formasi, persyaratan, dan bagaimana tes pada saat dilakukan inpassing dapat dipahami,” terangnya. Dan dengan hadirnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 tahun 2018 tentang PBJ Pemerintah sebagai pengganti dari Perpres Nomor 54 tahun 2010, mengharuskan bahwa terhitung tanggal  1 Januari 2021 seluruh proses PBJ sudah harus dilaksanakan oleh para pejabat Fungsional pengadaan yang berada di UKPBJ. Inpassing ini merupakan penyesuaian dari jabatan umum atau pelaksana menjadi jabatan fungsional,” tambahnya,

Dalam penyampaian materinya, Muhammad Firdaus mengatakan bahwa  mulai tahun 2020 pejabat pengadaan barang dan jasa harus berpredikat ahli dengan sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan memenuhi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Firdaus mengharapkan bahwa melalui sosialisasi ini akan menjadi kesempatan bagi mereka untuk meningkatkan kompetensi agar kinerjanya semakin meningkat dalam rangka mendukung optimalisasi penyerapan anggaran dan pengadaan yang lebih efektif, efisien dan ,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>