Optimalkan Fungsi Pengadaan, Pemkab Serang Bentuk UKPBJ SERANG

Dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri No 112 Tahun 2018, maka Pemkab Serang sejak akhir tahun 2018 sudah membentuk Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (UKPBJ) tipe A yakni dalam Bentuk Bagian di Lingkup Sekretariat Daerah. Pembentukan UKPBJ di Kabupaten Serang ini berdasarkan Peraturan Bupati Serang Nomor : 74 Tahun 2018 tentang Stuktur Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah Kabupaten Serang yang ditetapkan tanggal 28 Desember 2018. Adapun di Propinsi Banten, Kabupaten Serang merupakan Kabupaten/Kota yang pertama dalam membentuk UKPBJ.
Pembentukan UKPBJ (Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa) ini merupakan integrasi antara Bagian ULP Setda dan fungsi LPSE yang sebelumnya merupakan salah satu sub Bagian Kominfo. Pemkab Serang sangat apresiasi dengan aturan permendagri tersebut karena mendorong kinerja pengadaan secara positif yang dapat mempermudah upaya optimalisasi pelaksanaan layanan yang mencakup seluruh fungsi pengadaan dalam satu kelembagaan yang struktural dan permanen di Kabupaten Serang.

Adapun UKBJ atau Bagian Pengadaan Barang dan Jasa terdiri dari 3 sub bagian yaitu :
1. Sub Bagian Pengelolaan LPSE
2. Sub Bagian Pengelolaan Pengadaan Barang/Jasa
3. Sub Bagian Pembinaan dan Advokasi Pengadaan Barang/Jasa.
Sebelumnya keberadaan ULP dan LPSE di Kabupaten Serang sebagai dua unit kerja yang berjalan sendiri-sendiri dirasa kurang efekif dalam menjalankan fungsi pengadaan. Meski menangani pelayanan yang berbeda, LPSE dan ULP tetap memiliki ketergantungan yang sangat berpengaruh terhadap kinerja pengadaan. Oleh karenanya integrasi kedua unit kerja itu menjadi UKPBJ sangat diperlukan. Untuk itulah Pemkab Serang membentuk UKPBJ ini dengan dikeluarkannya Keputusan Bupati Serang Nomor 74 Tahun 2018 sebagai tindak lanjut dari Permendagri No.112 Tahun 208 tersebut.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>