Pemkab Serang Dorong Penggunaan Aplikasi Non Tendering SPSE 4.3

WhatsApp Image 2019-03-22 at 10.49.30

Sebagai wujud penatausahaan tata kelola pengadaan barang jasa yang lebih baik dan lebih transparan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serang, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kab. Serang menggelar acara workshop sosialisasi aplikasi non tender SPSE atau yang lebih dikenal dengan e-Pengadaan Langsung dan e-Penunjukan langsung melalui aplikasi SPSE 4.3 di Aula Suwandi Setda Kab. Serang (Kamis, 12/03/2019).
Kegiatan tersebut digelar untuk memberikan sosialisasi serta pemahaman Pengadaan Barang Jasa khususnya pengadaan langsung dan penunjukan langsung kepada seluruh PPK dan Pejabat Pengadaan yang ada di Pemkab Serang tentang tata cara pengadaan barang dan jasa khususnya nilai sampai paling banyak 200 Juta untuk Barang, Jasa Konstruksi dan Jasa Lainnya melalui aplikasi non tendering di SPSE 4.3.
Adapun implementasi tata cara tersebut seiring dengan dikeluarkannya Perpres No. 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah serta SURAT EDARAN Kepala LKPP NOMOR 2 TAHUN 2019 tentang Percepatan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dimana beberapa pointnya yakni :

1. Mendorong dan mengkampanyekan pemanfaatan Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKaP) pada proses Tender dan Non Tender berbasis SPSE Versi 4.3 kepada pelaku usaha dan asosiasi perusahaan.
2. Menggunakan aplikasi Non Tender SPSE Versi 4.3 untuk Pengadaan Langsung dan Penunjukan Langsung.

Acara sosialisasi ini dibuka oleh Asda II Setda Kab. Serang Adjat Gunawan dan menghadirkan narasumber dari Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) DPD DKI Baihaki, Kepala UKPBJ Kab. Serang Okeu Oktaviana dan Juga dari LPSE Kab. Serang Febrian Ripera.
Asda II dalam sambutannya mengatakan bahwa transparansi pengadaan barang dan jasa sangat mutlak diperlukan untuk menghindari terjadinya kecurangan karena masyarakat dapat ikut berpartisipasi mengawasi dalam sistem pengadaan pemerintah.
Adjat juga mengatakan, target Pemkab untuk menggunakan aplikasi e-Pengadaan Langsung sebesar60 persen dapat dilakukan.
Untuk diketahui bahwa syarat e-Pengadaan Langsung atau non tendering ini bahwa penyedia harus sudah terdaftar di SIKAP ( Sistem Informasi Kinerja Penyedia) dan PPK, Pejabat Pengadaan juga sudah memiliki user pasword dari LPSE. (*) Serang, 14 Maret 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>