Monthly Archives: February 2016

Deregulasi dan Percepatan Pembangunan Infrastruktur Jadi Prioritas Presiden Jokowi

kementriaan PU

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan arahan kepada menteri/kepala lembaga dan pejabat esselon I kementerian/lembaga dalam rapat kerja pemerintah di auditorium Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Selasa (22/3).

Dalam rapat yang dihadiri sekitar 500 pejabat eselon I tersebut, Presiden Jokowi menegaskan bahwa ada dua hal prioritas yang akan dikerjakan dalam lima tahun ke depan. Pertama adalah deregulasi dan kedua adalah percepatan pembangunan infrastruktur. “Fokusnya di situ (deregulasi dan percepatan pembangunan infrastruktur),” kata Jokowi.

Kementerian PPN/Bappenas Gelar Pertemuan Membahas Visi Pembangunan Indonesia Tahun 2045 dan 2085 terkait Ketahanan Pangan Dan Pertumbuhan Ekonomi

bappenas

JAKARTA – Pada Kamis (17/3) Kementerian PPN/Bappenas menggelar rapat membahas mengenai penyusunan Visi Pembangunan Indonesia tahun 2045 dan 2085 dengan dua tema, yaitu Visi Ketahanan Pangan 2045 – 2085 dan Economic Growth Path di Ruang Rapat Bappenas. Pertemuan ini dipimpin oleh Staf Ahli Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Bappenas, Rudy Soeprihadi Prawiradinata.

Driver Go-Jek Dikeroyok Sopir Taksi

067552300_1458623152-20160322-Go-Jek-Terlibat-Kericuhan-dengan-Sopir-Taksi-Jakarta-IA8Liputan6.com, Jakarta – Demo sopir taksi yang terjadi pada Selasa 22 Maret 2016 terus menjadi pusat perhatian publik.  Demo anarki sopir taksi dan angkutan umum hampir mewarnai sejumlah lokasi di Jakarta sepanjang hari kemarin. Mereka merusak taksi yang kedapatan membawa penumpang, bahkan pengemudi ojek online turut jadi sasaran.
Atas peristiwa itu, Gubernur DKI Jakarta Ahok mengancam mencabut izin perusahaan taksi jika anarki terus dilakukan. Ada pula Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya, Kombes Krishna Murti yang sudah payah bubarkan paksa ribuan Go-Jek di depan Senayan.

Sumber

Lakukan Reformasi Anggaran, Pemerintah Prioritaskan Peningkatan Pelayanan Publik

pengelolaan anggaran pemerintahYogyakarta – Pengelolaan anggaran pemerintah, baik pusat maupun daerah, terus dievaluasi menyusul program  reformasi dan restrukturisasi anggaran yang dilakukan pemerintah. Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan bahwa pemerintah Indonesia—melalui arahan Presiden Joko Widodo—saat ini tengah  mengupayakan pengelolaan alokasi anggaran  yang tepat sasaran dalam merealisasikan reformasi anggaran.

Dengan mengacu pada paradigma money follow program, menurutnya, penyaluran anggaran pemerintah akan lebih didorong untuk pembiayaan program-program prioritas, seperti peningkatan pelayanan publik.

Selain itu, program reformasi anggaran juga perlu didukung melalui penerapan penghematan anggaran, misalnya pelaksanaan belanja yang efektif dan efisien serta restrukturisasi nomenklatur.  “Sehingga ada upaya inovasi bahwa ini tahun percepatan, tahun terobosan, tahun kinerja, (dan) tahun kerja,” ujar Mardiasmo