Monthly Archives: March 2016

Kelompok Bahrun Naim di Jateng Sudah Ditandai

kelompok-bahrun-naim-di-jateng-sudah-ditandai-mq7JAKARTA – Beberapa kelompok masyarakat di Jawa Tengah yang diduga memiliki kaitan dengan eks narapidana teroris Muhammad Bahrun Naim Anggih Tamtomo alias Naim sudah ditandai.

Bahrun Naim diduga sebagai otak aksi ledakan bom di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, kemarin.

“Ada beberapa kelompok yang menjadi perhatian, ada beberapa di Jawa Tengah sudah kita tandai,‎” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengatakan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda), bersama TNI dan Polda setempat sangat intens membahas kelompok tersebut.

Identitas Pelaku Ledakan Bom di Sarinah Sudah Diketahui

teror bomJAKARTA – Polda Metro Jaya mengaku sudah mengidentifikasi pelaku ledakan bom di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat kemarin. Hari ini rencananya Polda Metro Jaya akan kembali melakukan olah TKP.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian mengatakan, sebagian identitas pelaku bom di Sarinah sudah diketahui. “Baru sebagian yang sudah teridentifikasi identitasnya,” katanya kepada wartawan, Jumat (15/1/2016).

LKPP Gagas Kontraktor Masuk Katalog

downloadJakarta – LKPP mulai menggagas Competitive Catalogue (Comcat) untuk menunjang pelaksanaan pengadaan, khususnya pengadaan konstruksi. Comcat merupakan produk pengembangan katalog lokal dan e-tendering berbasis daring yang dapat mengakumulasi perhitungan total biaya dan melakukan seleksi penyedia secara otomatis berdasarkan database dalam waktu singkat hanya satu jam.

“Comcat (Competitive Catalogue) itu adalah katalog tapi yang dipilih bukan barang jasa, tapi kontraktor. Jadi ada mesin kemudian mesin itu diisi (data dan spesifikasi) kontraktor-kontraktor,” kata Kepala LKPP Agus Prabowo beberapa waktu lalu, di kantor LKPP.

Lewat comcat, pemenang lelang bisa ditentukan dalam waktu satu jam. Beberapa di antaranya, dilakukan melalui penerapan analisis harga satuan,vendor management system, sistem kendali dan kualifikasi penyedia, serta penerapan sistem kendali SDM dan hasil pekerjaan.

LKPP Ajak Penyedia e-Commerce Masuk Katalog

LKPP

LKPP sangat terbuka terhadap penyedia e-commerce yang ingin mengagregasikan produknya ke dalam e-katalog. Selain membuka persaingan usaha yang lebih sehat, keikutsertaan penyedia e-commerce juga membantu LKPP dalam menjamin ketersediaan kebutuhan pemerintah.

Apalagi, nilai pengadaan pemerintah—yang nilainya mencapai 30% dari total APBN—sebenarnya sangat prospektif bagi keberlangsungan usaha e-commerce di Indonesia.

 “Kami sangat terbuka, bahkan kami senang kalau ada beberapa (penyedia e-commerce) karena ada jaminan ketersediaan,” ujar Deputi Bidang Monitoring, Evaluasi, dan Pengembangan Sistem Informasi Sarah Sadiqa di kantornya, Rabu (13/01).

Menurut Sarah, upaya menggandeng lebih banyak penyedia e-commerce sebelumnya telah dilakukan. Sayangnya, hanya satu penyedia e-commerce—dalam hal ini Bhinneka—yang memberikan respons positif terhadap undangan ini.